Gizi seimbang bagi lansia

Posted: Juni 17, 2014 in My Story

Masyarakat yang tergolong lansia adalah mereka yang telah menjalani lebih dari setengah dari masa hidupnya dan berumur diatas 59 tahun.
Tujuan pemberian gizi seimbang pada lansia untuk mempertahankan fungsi tubuh, menjaga kesehatan, dan bahagia dihari tua, jadi bukan lagi untuk pertumbuhan.
Syarat menu yang seimbang pada lansia menurut Nugroho (2008) antara lain:
1. Mengandung zat gizi beraneka ragam bahan makanan yang terdiri atas zat tenaga, zat pembangunan, dan zat pengatur.
2. Jumlah kalori yang baik untuk lansia adaah 50% dari hidrat arang yang merupakan hidrat arang kompleks (sayuran, kacang-kacangan, dan biji- bijian).
3. Jumlah lemak dalam makanan dibatasi, yaitu 25-30% dari total kalori.
4. Jumlah protein yang baik dikonsumsi lanjut usia, yaitu 8-10% dari total kalori.
5. Dianjurkan mengandung tinggi serat (selulosa) yang bersumber pada buah, sayur, dan macam-macam pati, yang dikonsumsi dalam jumlah besar secara bertahap.
6. Bahan makanan tinggi kalsium, seperti susu non-fat, yoghurt, dan ikan.
7. Makanan mengandung tinggi zat besi (Fe), seperti kacang- kacangan, hati, daging, bayam, atau sayuran hijau.
8. Membatasi penggunaan garam.
9. Bahan makanan sebaiknya dari bahan makanan yang segar dan mudah dicerna.
10. Hindari bahan makanan yang tinggi mengandung alkohol.
11. Pilih makanan yang mudah dikunyah seperti makanan lunak.

Pedoman Umum Gizi seimbang untuk Lansia

Khusus untuk Indonesia, Departemen Kesehatan telah menerbitkan Pedoman Umm Gizi Seimbang (PUGS) (Depkes, 1995) yang berisi 13 pesan dasar gizi seimbang bagi lansia dengan dasar PUGS dan dengan mempertimbangkan pengurangan berbagai resiko penyakit degeneratif yang dihadapi para lansia.
1. Makanlah aneka ragam makanan
Lansia sangat dianjurkan mengkonsumsi bahan makanan yang tinggi zat kapur dan zat besi seperti yang terdapat dalam ikan, daging, susu rendah lemak, kacang kacangan dan sayuran berwarna. Konsumsi bahan makanan yang mengandung zat kapur dan zat besi dalam jumlah yang cukup dapat mencegah pengeroposan tulang dan anemia gizi besi. Untuk menghindari kesulitan BAB besar lansia dianjurkan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran yang berserat.
2. Makanlah sumber karbohidrat kompleks (serealia dan umbi)
Karbohidrat diperlukan guna memenuhi kebutuhan energi. Karbohidrat pada lansia diperoleh dari beras, jangung, sagu, ubi jalar, ubi kayu dan sumber energi selain dqri karbohidrat, juga berasal dari lemak dan protein.
3. Batasi minyak dan lemak secara berlebihan
Bagi lansia, mengkonsumsi bahan makanan berlemak akan menambah resiko terjadinya berbagai penyakit degeneratif misalnya tekanan darah tinggi, jantung, ginjal dan sebagainya. Dianjurkan lansia mengkonsumsi lemak dari bahan makanan nabati, misalnya kacang kacangan dan sebaiknya mengkonsumsi lemak tidak lebih dari seperempat kebutuhan energi. Jika hal tersebut diterjemahkan dalam minyak goreng maka lansia paling banyak mengkonsumsi 3 sendok malan sehari. Apabila jumlah minyak ini dituangkan dalam hidangan sehari hari, maka tiap kali makan lansia paling banyak makan 1 jenis makanan yang digoreng.
4. Makanlah sumber zat besi secara bergantian antara sumber hewani dan nabati.
Kekurangan zat besi yang bersih, aman, dan cukip jumlahnya dan telah didihkan.
Air minum yang bersih dan aman adalah air yang tidak berbau, tidaj berwarna, tidak berasa dan telah dididihhkan serta disimpan dalam wadah yang bersih dan tertutup. Sebaiknya lansia minum air yang bersih dan sekurang kurabgnya dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari, agar proses dalam tubuh dapat berlangsung dengan aman dan lancar.
6. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula murni dan lemak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s